Profil

  • Dibaca: 2564 Pengunjung

Pada jaman dahulu kala, keberadaan desa ini adalah berdiri diatas tanah yang kering yang diatasnya banyak tumbuh alang-alang yang berada disebelah selatan Bangli diutara Kerajaan Tamanbali yang rajanya bernama Sang Hyang Aji Rembat, pada jaman itu, datang seorang pendeta dari tanah jawa pergi ke Bali. Pendeta itu bernama Pedanda Ender.

Kedatangan beliau ke Bali untuk mengetahui dan menguji keagungan dan ketapaan budi dharma para raja-raja di Bali. Selama perjalanan beliau di bali, konon beliau tiba di tegalan alang-alang ini, diantara perbatasan Kerajaan Bangli dan Kerajaan Tamanbali, yang mana beliau baru datang dari Kerajaan Tamanbali, diatas tegalan alang-alang ini beliau duduk termenung melihat kanan, kiri dan ke utara, tiba-tiba beliau melihat adanya belalang berwarna biru kuning dan banyak warna lainnya, yang mana belalang tersebut datang mengerumuni beliau.

 Maka tempat ini kemudian diberi nama belalang pelung yang kini disebut Balang Pelung, yang mana di Banjar Bebalang ini terdapat adanya tempek yang diberi nama tempek pulung, yang menjelaskan bahwa dahulu kala Desa Bebalang ini bernama Desa Balang Pelung. Yang selanjutnya saat ini benama Bebalang, sedangkan Pelungnya ada di nama Tempek Pulung. Desa Bebalang mewilayahi 6 (enam) Banjar, antara lain :

  1. Banjar Tegal
  2. Banjar Bebalang
  3. Banjar Petak
  4. Banjar Sembung
  5. Banjar Gancan
  6. Banjar Sedit

Selain sejarah Kelurahan, Bebalang juga memiliki sejarah kepemimpinan Kepala Desa sejak jaman penjajahan telah beberapa kali mengalamai pergantian Kepala Desa, dengan sebutan sesuai dengan jaman serta peraturan yang mengaturnya. Adapun yang pernah menjabat sebagai Kepala Desa  dan Lurah di Kelurahan Bebalang sebagai berikut :

  1. I Gusti Ketut Tegig sampai tahun 1989
  2. Ida Bagus Windusara tahun 1989 – 1990
  3. Anak Agung Alit Ardenata tahun 1990 – 1993
  4. I Wayan Sudira tahun 1993 – 1999
  5. Drs. I Made Adnyana tahun 1999 – 2001
  6. Dewa Agung Putra Suryadarma, S.Sos tahun 2001 – 2006
  7. Dra. A.A. Bintang Ari Sutari tahun 2006 – 2008
  8. I Made Dibia Wibawa, S.STP, MM tahun 2008 – 2013
  9. I Gede Dyana Parasara, S.STP, M.Si tahun 2013 sampai sekarang
  • Dibaca: 2564 Pengunjung